Herbal Alang-Alang

Herbal Alang-Alang

Herbal Alang-Alang

Kami menjual Ekstrak herbal Alang-Alang , bahan herbal sebagai bahan baku jamu dan herbal hubungi Hartono 08122740676

Alang-alang dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Dalam beberapa daerah besar, alang-alang juga dikenal sebagai ilalang atau padang. Ciri-cirinya adalah tanaman tinggi sekitar 1-2 meter dan sedikit mirip dengan padi serta juga sering didapat hidup berbagi dengan tanaman padi. Sering dianggap gulma oleh para petani, Namun Alang- Alang ini memiliki Banyak Khasiat Kesehatan

Kandungan Kimia Alang-Alang

Metabolit yang telah ditemukan pada akar alang-alang terdiri dari arundoin, fernenol, isoarborinol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, ß-sitosterol, skopoletin, skopolin, p-hidroksibenzaladehida, katekol, asam klorogenat, asam isoklorogenat, asam p-kumarat, asam neoklorogenat, asam asetat, asam oksalat, asam d-malat, asam sitrat, potassium (0,75% dari berat kering), sejumlah besar kalsium dan 5-hidroksitriptamin (Damayanti, 2008).

Damayanti (2008), menambahkan bahwa pada fraksi ekstrak yang larut dalam air akar alang-alang ditemukan golongan senyawa flavon tanpa gugus OH bebas, flavon, flavonol tersubstitusi pada 3-0H, flavanon, atau isoflavon. Jayalakshmi, et al (2011), menyebutkan bahwa akar alang-alang mengandung senyawa yang dapat berfungsi sebagai antimikroba yaitu golongan triterpenoid diantaranya cylindrin, arundoin, ferneon, isoarborinol dan simiarenol.

Menurut penelitian Ayeni dan Yahaya (2010), menunjukkan bahwa ekstrak daun alang-alang mengandung tanin, saponin, flavonoid, terpenoid, alkaloid, fenol dan cardiac glycosides. Kandungan senyawa fitokimia tersebut dalam farmasi dapat digunakan sebagai obat untuk diare, sakit kepala, penyakit kulit, saluran usus. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai pestisida, insektisida dan herbisida dalam pertanian.


Baca Manfaat Ekstrak Alang-Alang


Komentar